Rumus, Tabel Nilai, Pengertian Modulus Young Lengkap

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh – Modulus Young itu sangat erat kaitannya dengan suatu teori tentang ke elastisitas benda. Lalu, apa sih yang dimaskud dengan modulus elastisitas itu? Apakah memiliki keterkaitan dengan suatu sifat elastisitas dari suatu benda? Dan apa saja persamaan dari Modulus Young itu sendiri? Langsung saja simak dan kita belajar sama sama dalam pembahasan berikut ini.

modulus young
Sumber Instagram @Galerisipil

1. Pengertian Modulus Young

Modulus Young Adalah ukuran kekakuan dari bahan elastis dan suatu besaran yang bisa digunakan untuk mengkarakterisasi bahan. Hal ini berkaitan dengan ukuran tegangan dan regangan suatu benda maka disebut berkaitan dengan elastisitan benda. Agar kalian memahaminya dibawah ini udah saya sediakan grafik hubungan antara tegangan dan regangan.

modulus young
Sumber Instagram @Galerisipil

Keterangan Gambar

  • Grafik biru dari 0 sampai A merupakan garis linear (elastis), dimana perbandingan tegangan dan regangan adalan konstan.
  • Pada titik A apabila gaya atau tegangan dihentikan diantara titik ini maka benda akan kembali seperti semula.
  • Pada titik B apabila gaya atau tegangan melebihi titik ini, maka benda tidak akan kembali ke dimensi semula.
  • Pada titik C apabila gaya atau teganan sampai titik ini, maka benda akan patah.
modulus young
Sumber Instagram @Galerisipil

Dengan Hukum Hooke kita dapat menarik hubungan antara tegangan dan regangan di wilayah elastis linear. Perbandingan antara tegangan dan regangan itulah Modudlus Young atau Modulus Elastisitas. Rumusnya sudah saya berikan pada gambar diatas ya.

Baca Juga : Pengertian dan Rumus Poisson Ratio Pada Suatu Benda

2. Tabel Nilai Modulus Young Pada Jenis Bahan

modulus young
Sumber Instagram @Galerisipil

Nilai modulus elastisitas hanya bergantung pada jenis bahan suatu benda, tidak bergantung pada ukuran ataupun bentuk benda. Gambar diatas berikut ini adalah nilai modulus elastisitas dari beberapa jenis bahan yang sudah dirangkum dan diringkas.

Baca Juga : 5 Tipe Model Desain Kolam Renang Di Lahan Sempit

Gimana temen temen sudah paham kan tentang Apa itu Modulus Young? Pengertian, Tabel Nilai, Grafik Terlengkap ini. Yap teruslah belajar ya sobat, dan jika dimungkinkan berbagilah ilmu kepada sesama baik itu ilmu duniawi ataupun agama. Semoga artikel yang ihategreenjello bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih. Wa ‘alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Share:

Leave a Comment